Sabtu, 04 Oktober 2014

Trik Modif Velg Jari 17 pada MIO Yamaha Klop

Trik Modif Velg Jari 17 pada MIO Yamaha Klop - terbarukan sekali ada dari gas-boss tentang Trik Modif Velg Jari 17 pada MIO Yamaha Klop.

Mio ke Velg Jari Jari 17 inci

NAhhh berikut adalah bagaimana anda Ingin merubah tapilan kaki kaki mio anda dengan menggunakan Pelek jari jari, disini mari kita lihat langkah-langkah untuk MIO yang kondisinyamenggunakan Velg Casting Wheel (Velg bintang). Artikel Ini dapat dari Blog sebelah Masdoe.com semoga bisa untuk di jadikan sedikit Inspirasi dan Membantu untuk anda Pecinta modifikasi Mio Velg Jari jari 17 inci.

LANGKAH PERTAMA UBAH MIO KE VELG JARI JARI 17 INCI

yang harus dipersiapkan adalah, Makan ! penting bro ! soalnya kalo udah hobby oprek motor biasanya masalah makan sering lupa, alhasil konsentrasi hilang dan oprek motor pun juga gak sesuai harapan :D
Buktikan kalo tidak percaya !

LANGKAH KEDUA UBAH MIO KE VELG JARI JARI 17 INCI

Mempersiapkan part atau aksesoris yang dibutuhkan untuk si MIO 17 inci kelak. Sudah menjadi sebuah hal wajib, karena hampir seluruh part dari kaki-kaki (velg tromol) bawaan MIO 14 tidak akan terpakai lagi. Kecuali mio anda dalam posisi velg jari jari 14 inci. Tromolnya masih bisa dipakai.
  • Velg/ RIM


Ganti mio velg 17
Banyak pilihan yang tersedia untuk velg 17 inci, kisaran harga sepasang mulai 250rb-600rb. Antara lain : DBS 300rb, COMET 280rb, TDR 550rb.
Untuk Mio biasa pakai ukuran depan 140, belakang 140.
  • Tromol


tromol mio
Bisa dibeli dengan mudah di Toko aksesoris motor terdekat di kota anda. Ada banyak pilihan. Tromol jari-jari Standart Ori bawaan motor. Atau tromol after market seperti COMET, COMBIZ, TRUSTY dll. kisaran harga 290-350rb an.
Disini saya memilih COMET, karena kualitas tromol dan chrom nya bagus . Harganya pun terjangkau seharga 290.ooo
  • Jari-Jari/Spoke


mio velg 17
Untuk jari jari cukup banyak pilihan. ada yang biasa 14.ooo an(diameter jari jari kecil, mudah berkarat), atau pake yg ber-merk seperti TDR, seharga 35.ooo dengan kualitas bagus, kuat dan diameter jari jari besar.

Untuk ukuran jari jari depan, pake 10×164

Sementara jari jari belakang pakai ukuran 10×120. bisa juga sih pake 10×130. Tapi nanti akhirnya tetap dipotong oleh tukangnya, dijadikan ke ukuran 10×120 lagi, akibatnya kekuatan dari jari-jari kurang stabil sehingga harus sering2 mampir ke “tukang steel velg”. Jadi mending sekalian beli yang 10×120 aja.

Pilihan jatuh pada jari jari TDR. harga selisih sedikit saja namun mendapat kualitas yang mumpuni. kisaran 30-40rb an

  • Ban


ban mio velg 17
Satu lagi yang harus diperhatikan adalah dalam pemilihan ukuran ban. Secara garis besar hanya ada 2 pilihan.
Tentu dong syarat mutlak adalah ukuran 17inci.
1. Tanpa utak atik apa apa.
ban belakang pakai ukuran MAKSIMAL 60/80 17 inci. Kalau pakai lebih dari itu maka ban belakang akan nyentuh filter udara.
untuk ban depan maksimal 70-80 17 inci. Selebihnya akan nyentuh deck bawah belakang roda.

Rekomendasi saya sih depan 60/80, belakang 60/80. Dengan begitu bro bro tidak dipusingkan ngatur ini itu lagi !
2. Sedikit atau bahkan banyak sentuhan
Jika anda ingin memakai ban dengan ukuran yang lebih besar dari yang disebutkan pada point sebelumnya. BISA, tapi dengan syarat lho :D
  • lepas filter udara atau ganti dengan filter variasi yang kecil. wow keluar budget lagi :p
  • ganti shock depan dengan shock variasi, yang harganya kisaran 300-500rb an. wow keluar budget lagi :p
Soal pilihan, ada banyak. Mulai FDR, COMET, MIZZLE, SWALLOW, IRC.
Bagi anda yang ingin ban belakang agak besar namun ukuran tetap ceper 60/80, bisa pakai COMET type M1 yang made in Vietnam. soalnya ukuran lebih besar dari COMET yang made in Thailand dan merk merk lain. Padahal ukuran sama.


  • Ban Dalam


ban dalam mio velg 17
Jangan sembarangan menggunakan ban dalam untuk ukuran ban yang tipis dan ceper. Usahakan menggunakan ukuran yang sama dengan ukuran ban yang dipakai. Misal Ban luar ukuran 60/80, maka ban dalam juga harus 60/80. Jangan kecil, apalagi lebih besar ! ban akan gampang peyang.
Ada banyak pilihan, kisaran 19rb-30rb saja.

LANGKAH KETIGA UBAH MIO KE VELG JARI JARI 17 INCI

Langkah yang paling simpel ada pada langkah ketiga ini. BAWA KE AHLI STEEL VELG DAN PASANG BAN.
yup, benar sekali. kalo part after market pada langkah sebelumnya sudah ada di tangan anda. Kini waktunya mencari tukang steel velg.
jangan sembarangan, salah pilih bisa jadi velg anda penyok atau kurang stabil.
  • Bawa ke langganan anda, kalau anda sudah punya kenalan / langganan ya tinggal bawa kesitu saja. Selain pikiran lebih nyaman, sembari menunggu pun bisa anda tinggal mengerjakan aktifitas lain :D
  • Kalau belum ada, bisa minta rekomendasi steel velg yang bagus ke TOKO  aksesoris dimana anda tadi beli.
Biaya Modifikasi Mio Pelek 17 TDR
Setelah pemasangan selesai, kini tampian mio anda sudah lebih “tinggi” ! :D

mio-putih-velg-17

“LALU BUTUH BUDGET BERAPA UNTUK ROMBAK SEPERTI DIATAS ?”

Velg TDR
  • depan belakang ukuran 140 2pcs @ 260rb :  520.ooo
Tromol
  • COMET : 290.ooo
Jari-Jari
  • depan belakang TDR, 2 pcs @ 35rb : 70.ooo
Ban
  • Depan Swallow 60/80 : 90.ooo
  • Belakang COMET 60/80 : 100.ooo
Ban dalam
  • Mizzle 60/80 2pcs @ 25rb : 50.ooo
Lain-Lain
  • Biaya Pasang : 35.ooo
TOTAL : 1.1jt sampai 1.3jt (mengingat harga tiap kota beda-beda)
nb : belum termasuk biaya LANGKAH 1, nasi pecel 2 porsi@5000 : 10.000

KONDISI SETELAH MIO GANTI VELG 17 ?

  • Tarikan jadi serasa enteng
  • Posisi lebih tinggi dari sebelumnya
  • Spedometer jadi kacau, biasanya 60km/jm jadi 40km/jm
  • Manuver lebih lincah
  • Tentunya tampil beda !
  • Apabila saat pengereman/ pemakaian di jalan ban depan nyentuh spakbor, bisa jadi anda pernah menurunkan posisi shock depan. jadi kembalikan ke posisi standartnya saja. Dengan konsekuensi Penyangga/Standar tengah tidak akan berfungsi lantaran Roda belakang  akan lebih tinggi dari standar tengah.
“itu digambar kok bisa??”
soalnya posisi shock depan saya turunkan.


mio putih 17
mio putih 17 TDR
mio putih velg TDR
pasang velg 17 mio

Cara Ubah Mio ke Velg Jari Jari 17 inci 

Biaya Modifikasi Mio Pelek 17 TDR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog